Teknik Instrumentasi Elektronika Migas

TIEM
STT MIGAS, Balikpapan

STT MIGAS








STT Migas Balikpapan adalah salah satu kampus yang ada di Balikpapan yang konsentrasinya pada bidang minyak dan gas bumi. STT Migas Balikpapan juga mendukung program pelatihan dasar teknik yang digunakan sebagai salah satu pengabdian masyarakat atau memajukan keilmuan di bidang teknik. Salah satu bidang teknik yang dikuasai oleh STT Migas Balikpapan adalah pelatihan tingkat dasar Arduino untuk siswa – siswi di SMK Migas Balikpapan. Prodi D3 TIEM (Teknik Instrumentasi dan Elektronika Migas) melaksanakan kegiatan "Kelas Singkat : Arduino Dasar" dalam bentuk pengabdian masyarakat.

 

Arduino adalah salah satu pengendali perangkat keras dan lunak yang banyak digunakan oleh banyak orang ataupun peneliti khususnya di bidang teknik. Arduino adalah pengendali mikroprosesor single-board yang bersifat open-source yang dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang teknik. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR dan perangkat lunaknya menggunakan aplikasi sendiri. Saat ini, Arduino sangat populer di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika lewat Arduino karena mudah dipelajari. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan bahasa assembler atau bahasa mesin yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka – pustaka (libraries) Arduino. Oleh karena itu, siswa – siswi SMK Migas Balikpapan dapat mempelajari hal ini sebagai penunjang untuk klub robotik ataupun pengenalan tentang elektronika.

 

Menurut pemikiran tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan yang dimana hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah wujud kepedulian STT Migas Balikpapan dalam bidang ilmu teknik khususnya Arduino kepada Siswa – Siswi di SMK Migas Balikpapan agar dapat berkompetisi dalam bidang robotika atau elektronika di tingkat nasional.

 

Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara tatap muka di Kelas Perhotelan di SMK Migas Balikpapan. Walaupun pelatihan dilakukan secara tatap muka, namun peserta pelatihan dan juga dosen yang memberikan pelatihan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ada yaitu tetap menjaga jarak dan selalu menggunakan masker. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2021 dimana sebelumnya telah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah SMK Migas yaitu Bapak Abdul Karim.

 

IMG-20210519-090115-min1

 

Kegiatan ini dihadiri peserta pelatihan sebanyak 25 siswa – siswi dari berbagai macam jurusan. Mulai dari jurusan perhotelan, perminyakan, dan juga mesin. Peserta pelatihan sangat antusias dengan pelatihan ini dimana materi yang disampaikan termasuk hal yang baru bagi mereka. Di akhir pelatihan dan hasil diskusi dengan Kepala Sekolah SMK Migas Balikpapan, harapan kedepannya bahwa setiap semester akan ada sharing ilmu kepada SMK Migas Balikpapan dari Dosen STT Migas Balikpapan khususnya Dosen TIEM yang dilaksanakan secara rutin. (RZA)

 




Dosen

Dosen Teknik Instrumentasi Elektronika Migas

Bambang Sugeng.,ST.,MT
Detail
Lukman ST.,MT
Detail
Ain Sahara, ST.,MT
Detail
Fitri Oktaviani
Detail
Dawi Yanti
Detail
Wahyu Hendra Gunawan
Detail
Fitri Oktaviani
Detail

TIEM Post

Post Kegiatan dan Pengumuman

Video


Profil kampus STT MIGAS Balikpapan

STT Migas Balikpapan Pilihan Yang Tepat | Dibilank Podcast

Dasar Arus, Tegangan, dan Hambatan Kel 1 TIEM

Lokasi

STT MIGAS Balikpapan

Alamat:

KM.8, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76127

  • Nomor Telepon: (+62) 85247258558
  • Email: d3tiem@sttmigas.ac.id