Cerita D3 TIEM dari Badak LNG Bontang

Sebanyak 39 mahasiswa/i dari angkatan 2017 dan 2018 berkesempatan mengikuti kegiatan kunjungan lapangan di PT. Badak LNG Bontang. Kegiatan diawali dengan Safety Induction, dan dilanjutkan dengan materi ruang oleh Angela Roberto (Humas Badak LNG). Pada pemaparan materi tersebut, Mbak Angela sempat menyisipkan materi tentang menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Program menyisipkan materi ini rupanya telah diterapkan secara rutin bagi tamu yang datang ke Badak LNG.

Materi yang disampaikan meliputi sejarah PT. Badak LNG, sampai pada kapasitas produksi dan lingkup bisnis dari PT. Badak LNG. Disebutkan pula bahwa sebenarnya yang dilakukan oleh PT. Badak LNG hanya menampung dan mengolah gas alam dari produsen gas seperti Pertamina dan Eni. Sehingga seringkali PT. Badak LNG disebut sebagai “koki” gas alam. Materi yang disampaikan cukup memantik mahasiswa D3 TIEM untuk bertanya sebelum dilanjutkan dengan Plant Tour. Mahasiswa antusias dalam menjaga produk yang dihasilkan PT. Badak LNG terhadap pengaruh iklim jika dalam proses Shipping ke daerah tujuan, pengelolaan limbah, sampai pula pada pertanyaan bagaimana nantinya jika produksi gas alam terus menurun.

Selepas materi ruang, mahasiswa D3 TIEM berkesempatan melihat lebih dekat plant PT. Badak LNG. Bersama Mbak Angela yang menjelaskan seluruh kondisi plant, mulai dari titik mula gas datang, laboratorium, safety center, maintenance room, PLTU sebagai sumber energi yang digunakan untuk menghidupkan plant, sampai pada proses shipping gas cair. Pada saat yang bersamaan terkait kasus wabah covid-19 di dunia, PT. Badak LNG ternyata juga sedang melaksanakan simulasi penanganan Covid-19, sehingga tidak seluruh kawasan dapat diperlihatkan. Meskipun demikian, ilmu yang telah didapatkan mahasiswa/i D3 TIEM sangatlah banyak dan dapat menjadi bahan diskusi lebih lanjut di saat kembali ke Balikpapan. Selesai plan tour, mahasiswa tidak lupa mengabadikan momen-momen di Badak LNG.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *